Minggu, 23 November 2014

Buah Nangka

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalahArtocarpus heterophyllus. Dalam bahasa inggris, nangka dikenal sebagai jackfruitBuah nangka memiliki rasa yang manis serta tekstur daging buah yang kaya akan serat. Namun tidak hanya itu, buah nangka juga memiliki segudang manfaat. Untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai manfaat buah nangka bagi kesehatan. Dengan rasanya yang manis maka tidak heran banyak sekali orang yang mengidolakan buah nangka ini. Untuk mengkonsumsi buah nangka biasanya sangat enak jika dimakan secara langsung. Tapi banyak juga orang mengolahnya menjadi pangan olahan seperti nangka goreng. Sedangkan biji nangka bisa juga anda olah menjadi tepung biji nangka. 
manfaat dari buah nangka :
1.  Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.
2. Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
3. Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma.
4. Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.
5. Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalammenjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.
6. Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebagai sebuah sumber energi. Nangka tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.
7. Nangka merupakan salah satu sumber makanana yang kaya akan vitamin A dan Vitamin C. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta melindungi dari infeksi bakteri dan virus.
8. Nangka bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin A dalam buah ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga dapat mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan juga rabun senja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar