Sabtu, 15 November 2014

Tumbuhan Adas Khas Boyolali

TUMBUHAN ADAS
Tumbuhan Adas termasuk dari salah satu sembilan tumbuhan obat yang dianggap bermukjizat di Anglo-Saxon. Asal dari tumbuhan Adas sendiri dari Eropa Selatan dan Asia, dan karena banyak sekali manfaatnya kemudian tanaman ini banyak ditanam di India, Indonesia, Eropa, Argentina, dan Jepang. 
Tumbuhan ini biasanya hidup di dataran tinggi contohnya kita dapat menemukan tumbuhan adas banyak yang tumbuh di Boyolali, namun Adas juga dapat tumbuh di dataran rendah. adas memiliki banyak manfaat, biasanya sebagai orang Boyolali. saya mengonsumsi adas untuk di masak dengan kuah yang sedap. aroma dari tumbuhan adas sendiri sangat segar.
Familia : Apiaccae (Umbelliferae)
Daunnya berbau aromatik dan adas juga memiliki buah yang kaya manfaat. buah yang masak mengandung bau aromatik, sedikit manis dan hangat. adas juga dapat dibuat minyak
Adas memiliki nama ilmiahnya yaitu Foeniculum vulgare Mill..
Manfaat Adas adalah merangsang kerja organ pencernaan, melancarkan buang angin, menghangatkan badan, serta membantu mengeluarkan dahak. Adas juga dipercaya berkhasiat untuk menghancurkan batu ginjal. Adas juga dapat berfungsi sebagai penambah nafsu makan.Selain itu tanaman Adas juga bermanfaat untuk mengatasi insomnia, batuk berdahak, serta datang bulan yang tidak teratur.
Daun berkhasiat mengatasi : Perut Kembung, kolik, batuk, Rasa haus, dan Meningkatkan penglihatan.
caranya dengan mengambil sebanyak 3 – 9 gram buah adas direbus, kemudian diminum atau buah adas digiling halus, kemudian diseduh dengan air mendidih untuk diminum selagi hangat. Daun direbus kemduian diminum, atau dimakan sebagai sayuran.
Untuk pemakaian luar, buah kering digiling halus kemudian digunakan untuk pemakaian lokal pada sakit gigi, sariawan, sakit telinga dan luka.
Minyak adas juga dapat dimanfaatkan untuk tubuh anak yang masuk angin dengan cara digosok.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar